Peningkatan Kapasitas UP2S, KWT dan UPPKS Kampung Kb Desa Bengkel

Komang Adinata 14 Desember 2018 12:33:48 WITA

Hari ini Jumat (14/12) di Kantor Perbekel Bengkel diadakan pelatihan terkait kelompok UP2K ( Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga ), KWT ( Kelompom Wanita Tani ), dan UPPKS ( Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera ) yang ada di Desa Bengkel.
Hadir Narasumber Ibu Luh Astini Putri dari UPK Sasana Budaya Busungbiu. Beliau memaparkan tentang pengertian kelompok, jenis, visi pendirian sebuah kelompok, manfaat, syarat pendirian, serta prinsip-prinsip dasar dari kelompok usaha.


Dalam materi pelatihan Ibu Luh menyampaikan pentingnya memiliki pengurus kelompok yang mempunyai sifat jujur, tanggung jawab, selalu aktif disetiap kegiatan dan tugas serta berdedikasi terhadap kelompok dan semua anggotanya, namun tidak terlepas juga dari hak yang harus juga diberikan kepada pengurus dibalik pengabdiannya kepada kelompok yakni pengurus berhak mendapat balas jasa dan SHU. Disamping itu administrasi kelompok juga merupakan hal yang vital dalam sebuah kelompok yang menyangkut pengelolaan sekaligus kontrol dari setiap kegiatan, keanggotaan, dan administrasi keuangan.
Peningkatan pendapatan keluarga melalui pembentukan kelompok masyarakat memang merupakan salah satu program dari Kampung KB dimana desa Bengkel merupakan salah satu desa yang mendapat program ini. Tentunya apa yang didapat dalam pelatihan kali ini akan ditindaklanjuti oleh UP2K, UPPKS, dan KWT desa Bengkel dengan menerapkannya dalam kelompok masing-masing dan akan diadakan evaluasi tiap bulannya.


Semoga dengan peningkatan kapasitas kelompok masyarakat ini dan didukung dengan Program Kampung KB masyarakat desa Bengkel menjadi lebih sejahtera.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Temukan kami di Facebook

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Kalender Bali

Lokasi Bengkel

tampilkan dalam peta lebih besar