CTPS Program KKM Djabon Pahit

Komang Adinata 16 November 2018 11:12:21 WITA

Hari ini Jumat (16/11) KKM Djabon Pahit desa Bengkel mengadakan sosialisasi ke sekolah-sekolah SD yang ada di desa Bengkel, diantaranya SD Negeri 1, 2, dan 3 tentang Program CTPS.

CTPS merupakan singkatan dari cuci tangan pakai sabun yang menyasar anak-anak tingkat sekolah dasar di desa Bengkel. Sosialisasi kali ini melibatkan Satlak KKM Djabon Pahit yang merupakan kelompok masyarakat yang bekerja secara sukarela dalam mengemban program Pamsimas dimana desa Bengkel mendapatkan bantuan perbaikan jaringan distribusi Pam Desa. Disamping itu program CTPS juga dibantu langsung oleh Bidan Desa Ibu Ketut Ringin dan didampingi dokter dari Puskesmas Busungbiu 1.

Disampaikan langsung kepada anak-anak di ketiga SD tersebut betapa pentingnya cuci tangan sebelum makan, sehabis makan, sesudah BAB, setelah menyentuh binatang, pada saat tangan kotor dan sebelum tidur. Disebutkan dalam sosisalisasi ini cuci tangan pakai sabun dapat mencegah timbulnya penyakit seperti diare, flu, sakit mata dan lain-lain.

Diperkenalkannya nyanyian sekaligius praktek yang diperagakan langsung oleh bidan desa yakni ada enam langkah cara cuci tangan yakni mulai dari depan sampai kebelakang kemudian sela-sela jari lanjut kuku jari dan terakhir jempol tangan, kemudian disampaikan juga bagaimana cara membuka dan menutup keran dengan menggunakan siku agar tangan yang bersih tidak kotor kembali setelah mencuci tangan.

Harapannya dengan memperkenalkan CTPS kepada anak-anak, mereka mulai membiasakan diri mencuci tangan dan menjadi lebih sehat.

Komentar atas CTPS Program KKM Djabon Pahit

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Temukan kami di Facebook

Please Bantu Kami, Like This !!!

×

Kalender Bali

Lokasi Bengkel

tampilkan dalam peta lebih besar